HUBUNGAN KEAKTIFAN SHALAT BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SURAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Restu, Ayu Pakerti and Drs., Suluri, M. Pd (2017) HUBUNGAN KEAKTIFAN SHALAT BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SURAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Restu Ayu Pakerti, (133 111 082), Hubungan Keaktifan Shalat Berjamaah dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/ 2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd. Kata Kunci : Keakatifan Shalat Berjamaah, kedisiplinan Belajar Masalah dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah di sekolah yang berdampak pada kedisiplinan belajar siswa. Siswa yang masih menganggap remeh kegiatan shalat berjamaah dengan tidak menghadiri shalat berjamaah yang dapat menyebabkan kurangnya kedisiplinan siswa khususnya disiplin dalam kegiatan belajarnya. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keaktifan shalat berjamaah siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui kedisiplinan dalam belajar siswa siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hubungan keaktifan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel sebanyak 170 dari 294 populasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Propotionate Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dua buah angket untuk mengukur variabel keaktifan shalat berjamaah dan kedisiplinan belajar. Uji coba instrument keaktifan shalat berjamaah menghasilkan 25 butir valid dan uji coba instrument kedisiplinan belajar menghasilkan 27 butir valid dimana masing-masing variabel berjumlah 30 soal. Uji reliabilitas instrument keaktifan shalat berjamaah menggunakan rumus Alfa Croncbach diperoleh rhitung (0,895) > rtabel (0,361) dan uji reliabilitas kedisiplinan belajar menggunakan rumus Alfa Croncbach diperoleh rhitung (0,892) > rtabel (0,361). Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: (1) Keaktifan Shalat Berjamaah siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong sedang dengan prosentase 58%,. (2) kedisiplinan Belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong sedang dengan prosentase 75%. (3) Hasil korelasi product moment diperoleh

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:08
Last Modified: 03 Jan 2018 03:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item