PERBEDAAN SIKAP PERCAYA DIRI DITINJAU DARI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Nurul, Azizah Fatkhurrohmah and Dr., Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd. (2017) PERBEDAAN SIKAP PERCAYA DIRI DITINJAU DARI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT NEW.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Azizah Fatkhurrohmah, NIM 13.31.11.016, Skripsi :“Perbedaan Sikap Percaya Diri Ditinjau dari Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017”. Program Studi Pendidikan Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Pembimbing : Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd Kata kunci : perbedaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, sikap percaya diri. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat memberikan kematangan peserta didik untuk berani mencoba hal positif agar tampil percaya diri sebagai pembiasaan yang diamalkan sesuai dengan syari’at Islam. Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik memiliki kepribadian yang kurang positif seperti peserta didik yang malu, tidak berani berpendapat dan kurang percaya diri ketika tampil di depan umum disebabkan karena pembawaan dari jenjang sekolah dasar sebelumnya. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan sikap percaya diri ditinjau dari siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaanyang meliputi pidato, Qiro’ah dan hafalan hadits Arba’in di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, yang dilaksanakan pada bulan Januari 2017 sampai Agustus 2017.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 254 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sebanyak 156 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah propotionaterandom sampling.Instrumen penelitian berupa angket untuk memperoleh data mengenai sikap percaya diri. Uji coba variabel sikap percaya diri diperoleh item yang valid 22 item dari yang diujikan sebanyak 40 item, dengan reliabilitas 0,361. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji persyaratan normalitas dengan rumus chi kuadrat. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan : 1) Tingkat sikap percaya diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pidato dengan kriteria sedang, dengan persentase 60% atau 30 siswa. 2) Tingkat sikap percaya diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’ah dengan kriteria sedang dengan persentase 58% atau 44 siswa. 3) Tingkat sikap percaya diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler hafalan hadits Arba’in kriteria sedang dengan persentase 58% dengan siswa 50% atau 15 siswa. 4) Hasil analisis anava satu jalur atau one way anava menunjukkan terdapat perbedaan sikap percaya diri ditinjau dari kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa meliputi pidato, Qiro’ah, dan hafalan hadits Arba’in, diperoleh nilai F hitung (3,15) >F tabel (3,04) dengan taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dengan menggunakan uji paska anava satu jalur dengan rumus sceffe diperoleh Sig = 2,298>1,645 untuk pidato, Sig = 2,100 >1,658 untuk Qiro’ah dan tidak Sig = 0,251< 1,658 untuk hafalan hadits Arba’in.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:08
Last Modified: 03 Jan 2018 03:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item