PENERAPAN SEMBILAN PILAR KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI SDIT MIFTAHUL JANNAH MASARAN,SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rahayu, Sri Lestari and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) PENERAPAN SEMBILAN PILAR KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI SDIT MIFTAHUL JANNAH MASARAN,SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahayu Sri Lestari, (133111059), Penerapan Sembilan Pilar Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di SDIT Miftahul Jannah Masaran, Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurusn, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag, M. Ag Kata Kunci : Sembilan Pilar Karakter, Kualitas Pendidikan Islam Dalam rangka menghasilkan peserta didik yang unggul dan yang diharapkan, proses pendidikan juga senantiasa dievaluasi dan diperbaiki. Salah satu upaya perbaikan kualitas pendidikan adalah munculnya gagasan mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia. Gagasan ini muncul karena proses pendidikan yang selama ini dilakukan dinilai belum sepenuhnya berhasil dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Penilaian ini didasarkan pada banyaknya para lulusan sekolah dan sarjana yang cerdas secara intelektual, namun tidak bermental tangguh dan berperilaku tidak sesuai dengan tujuan mulia pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sembilan pilar karakter dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDIT Miftahul Jannah Masaran, Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDIT Miftahul Jannah Masaran, Sragen pada bulan Januari 2016-Agustus 2017. Subyek penelitian ini adalah Guru Agama Islam kelas 1,2,3 dan informannya adalah kepala sekolah, pengurus,kepala yayasan,Pembina yayasan jami’atul khoir. SDIT Miftahul Jannah pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data di analisis menggunakan model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam siswa SDIT Miftakhul Jannah masaran,sragen melalui penerapan sembilan pilar karakter yaitu dimana kualitas pendidikan Islam siswa SDIT di perkuat melalui penerapan sembilan pilar karakter, sembilan pilar karakter tersebut adalah 1). Cinta Allah dan Segenap ciptaanNya yaitu dengan mengadakan sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah dan mengadakan kegiatan cinta tanaman 2). Mandiri, Disiplin, Tanggung jawab yaitu dengan makan siang sendiri, menerapkan sanksi bagi siswa yang melanggar peraturan, melaksanakan tugas piket 3). Jujur, Amanah, Berkata bijak yaitu dengan memberikan buku pantauan murid 4). Hormat, santun, pendengar yang baik yaitu dengan membiasakan berjabat tangan dengan ustadz-ustadzah, membiasakan bersikap yang sopan 5). Dermawan, suka menolong, kerjasama yaitu dengan mengadakan infaq setiap hari jum’at, mentoring setiap awal dan akhir pembelajaran 6). Percaya diri, kreatif, pantang menyerah yaitu dengan adanya progam cerita ria, memberikan inspirasi kepada siswa dengan mengajarinya membuat kerajinan, menerapkan sistem target hafalan 7). Pemimpin yang baik dan adil yaitu dengan adanya polisi sholat dan menjadi imam sholat 8). Baik dan Rendah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 101 Theory of philosophy
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:08
Last Modified: 03 Jan 2018 03:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item