NILAI-NILAI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM NOVEL CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA IRA MADAN

Nur, Halimah and Dr. Hj., Khoiriyah, M.Ag (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM NOVEL CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA IRA MADAN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
PDF Skripsi Halim.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Halimah, (13.31.1.1.399) 2017,Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan,Skripsi: Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Hj. Khoiriyah, M.Ag Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Pesantren, Cahaya Cinta Pesantren Nilai sangat berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Masih banyak orang berasumsi didirikannya sebuah pesantren hanya untuk anak-anak yang nakal saja, padahal pesantren didirikan untuk membentuk mental spiritual santri dalam segala bidang. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai pendidikan pesantren dalam novel cahaya cinta pesantren karya Ira Madan. Penelitian ini merupakan penelitian libraryresearch atau riset kepustakaan, dengan mengambil objek penelitian yaitu novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanteknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis historis dari isi novel Cahaya Cinta Pesantren, dari analisis tersebut ditafsirkan tentang nilai-nilai pendidikan pesantren yang terkandung didalamnya.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis isi atau Content Analysis. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa setelah mengurai dan menganalisis teks dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan pesantren tersebut antara lain: 1) Nilai keikhlasan, yaitu Ikhlas ketika memberikan pengajaran, Ikhlas ketika mendapatkan tugas serta Ikhlas ketika mendapatkan cobaan, 2) Nilai kesederhanaan, seperti kesederhanaan saat makan, kesederhanaan ketika berpakaian, kesederhanaan dalam berpenampilan, 3) Nilai kemandirian, yaitu kemandirian dalam belajar, kemandirian dalam mencuci baju sendiri, kemandirian hidup sendiri, 4) Nilai Ukhuwah Islamiyah, yaitu seperti mempererat persahabatan dan persaudaraan, 5) Nilai kebebasan, yaitu seperti kebebasan dalam berpendapat, kebebasan dalam belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
800 Sastra > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:41
Last Modified: 03 Jan 2018 02:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item