PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MI MUHAMMADIYAH BOLON COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zakiyah, Eka Pratiwi and Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt (2017) PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MI MUHAMMADIYAH BOLON COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
9.Skripsi Full.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Zakiyah Eka Pratiwi, Juli 2017. PelaksanaanStrategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanaganyar Tahun Prlajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta Pembimbing: Yayan Andriyan, S.Ag., M.Ed.Mgmt Kata Kunci : Strategi Pemasaran Sekolah, Minat Peserta Didik Masalah dalam penelitian ini adalah saat ini banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan yang berdiri tetapi jumlah peserta didik semakin sedikit. Hal ini menakibatkan lembaga-lembaga pendidikan saling bersaing untuk mendapatkan pesrta didik yang banyak. Apabila sekolah tersebut bisa bersaing maka akan mendapatkan peserta didik yang banyak. Akan tetapi apa bila tidak dapat bersaing dengan yang lainnya makasekolah tersebut mendapatkan peserta dididk yang sedikit bahkan banyak yang ditutup karena tidak ada peserta didiknya. Jumlah peserta didik di MI Muhammadiyah Bolon mengalami naik turun setiap tahunnya, bahkan pada tuhun 2010 jumlah keseluruhan peserta didiknya hanya 39. Akan tetapi sekolah terus berusaha dengan segala cara untuk meningkatkan jumlah peserta didik. Saat ini jumlah peserta didiknya sudah mencapai 224. tujuan penelitian ini yaitu untuk metahui strategi pemasran yang dilakukan di MI Muhammadiyah Bolon dalam menarik minat peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar dari bulam April 2017 sampai bulan Juli 2017. subjek penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru, sedangkan untuk informan yakni peserta didik dan wali murid. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran untuk menarik minat peserta didik baru dilakukan dengan cara promosi. Promosi yang dilakukan ada dua macam yaitu ketika PPDB dan ketika diluar PPDB. Promosi yang dilakukan ketika PPDB yaitu dengan pemasangan sepanduk, banner, rontek, pamflet dan pembagian brosur. Selain itu juga melakukan presentasi ke TK-TK dan nasyarakat. Kemudian untuk poromosi yang dilakukan diluar PPDB yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti lomba-lomba dan exspo pendidikan untuk TK-TK, mengadakan kagiatan jalan sehat setiap bulan sekali, pawai keliling wilayah dengan memberikan informasi tentang kegiatan sekolah, mempererat hubungan dengan masyarakat yaitu dengan pembagian kalender, pembagian jadwal imsakiyah, mengadakan pengajian, pembagian zakat fitrah dan daging kurban pada masyarakat di sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:41
Last Modified: 03 Jan 2018 02:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item