PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA DALAM KELUARGA MUALAF (STUDI KASUS DI DESA MAYANG, GATAK, SUKOHARJO TAHUN 2017)

Muhram, Hasan Mahfud and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2017) PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA DALAM KELUARGA MUALAF (STUDI KASUS DI DESA MAYANG, GATAK, SUKOHARJO TAHUN 2017). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA DALAM .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhram Hasan Mahfud (133111380), Pendidikan Islam Bagi Remaja dalam Keluarga Mualaf (Studi Kasus di Desa Mayang Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017), Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M. Ag. Kata Kunci : Pendidikan Islam Bagi Remaja, Keluarga Mualaf. Masalah dalam penelitian ini adalah di Desa Mayang banyak remaja yang memiliki akhlak dan pergaulan yang baik meskipun dari keluarga mualaf. Mendidik anak dalam hal pendidikan Islam bukan hal yang mudah bagi orang tua, terlebih bagi orang tua mualaf. Karena orang tua mualaf memiliki keterbatasan pengetahuan Islam, sehingga menjadikan mereka harus memiliki berbagai macam cara dan upaya yang dilakukan agar dapat memberikan pendidikan Islam dengan baik dan maksimal bagi anak remajanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan materi pendidikan Islam bagi remaja dalam keluarga mualaf di Desa Mayang Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Desa Mayang Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo, mulai bulan Januari sampai Juli 2017. Subjek penelitian adalah orang tua mualaf dan remaja dari keluarga mualaf. Informan penelitian ini adalah kepala Dusun, kepala Desa, ketua RT, dan tokoh agama. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, yakni triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode yang digunakan oleh keluarga mualaf meliputi: a) keteladanan b) pembiasaan c) nasehat d) motivasi e) tanya jawab f) pemberian hal-hal positif. 2) materi yang diberikan oleh keluarga mualaf meliputi: a) ibadah b) akhlak c) pergaulan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga mualaf adalah sebagai berikut: a) faktor pendukung: lingkungan yang memiliki religiusitas baik dan tingkat kepedulian orang tua yang tinggi. b) Faktor penghambat: pergaulan remaja yang sebagian masih mengadakan balapan liar dan masih minimnya pengetahuan agama yang dimiliki oleh orang tua mualaf.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:40
Last Modified: 03 Jan 2018 02:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item