PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN KELAS VIII DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Yulianti, Purwaningsih and Hj., Hafidah, S.Ag., M.Ag (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN KELAS VIII DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1,2,3,4,5 Full Text.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yulianti Purwaningsih, 133111234. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Kelas VIII di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Surakarta Juli 2017. Pembimbing: Hj. Hafidah, S.Ag., M.Ag Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kegiatan Kepramukaan. Pendidikan karakter merupakan mengajarkan kebiasaan cara berfikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup baik melaksanakan nilai-nilai pendidikan karakter. Namun masih terdapat kurang kesadaran akan ketertiban berpakaian,disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti kegiatan kepramukaan, padahal manfaat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan sangat besar manfaatnya khususnya dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan adanya kegiatan kepramukaan ini dapat membentuk karakter siswa dan dapat mendisiplinkan siswa agar rajin mengikuti kegiatan kepramukaan serta dapat mengambil pelajaran dari tiap pertemuan. Dengan banyaknya mata pelajaran yang diberikan kepada siswa yang terkadang membuat siswa jenuh dan bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan kepramukaan kelas VIII di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di SMP Al Islam 1 Surakarta mulai bulan Januari sampai Juni 2017, Subjek dalam penelitian ini Pembina Pramuka, Informan, Kepala Sekolah, Siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan Triangulasi sumber. Data yang terkumpul di analisis dengan model interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Kelas VIII di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017, dilaksanakan secara rutin setiap hari Minggu.Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan menekankan pada 5 metode yaitu (1) Metode Keteladanan dilihat dari menjelaskan sandi, tali temali, mendirikan tenda, dan mengajarkan materi kegiatan dengan tenang dan sabar. (2) Metode penanaman kedisiplinan pada saat kegiatan PBB. (3) Metode pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membiasakan sholat wajib berjama’ah sebelum kembali kerumah masing-masing, berdoa sebelum kegiatan kepramukaan dimulai.(4) Metode dalam menciptakkan suasana kondusif terlihat pada kegiatan permainan wide game. (5) Metode Integritas dan internalisasi dilakukan nampak adanya sosialisasi Kemah Amal Bhakti dan penugasan kelompok regu selama KAB (Kemah Amal Bhakti).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:39
Last Modified: 03 Jan 2018 02:39
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item