PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METHODE IBTIDA'I DI PONDOK PESANTREN AL HUDA DOGLO CANDIGATAK CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2016-2017

Muhammad, Ashof and H., Moh. Mahbub, S.Ag. M.Si. (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METHODE IBTIDA'I DI PONDOK PESANTREN AL HUDA DOGLO CANDIGATAK CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2016-2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ashof, 2013, Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Methode Ibtidai di Pondok Pesantren Al Huda Doglo Candigatak Cepogo Boyolali Tahun 2017, Skripsi: Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Moh. Mahbub, S.Ag, M.Si Kata Kunci : Pembelajaran, Kitab Kuning, Metode Ibtidai, Pondok Pesantren Macam-macam metode telah banyak digunakan dalam dunia formal maupun non-formal, apalagi di dunia pesantren yang digunakan adalah kitab-kitab yang tanpa harakat yang membutuhkan waktu yang sangat lama dalam memahami kitab kuning tersebut dengan menggunakan Nahwu dan Shorof yang sekarang ini dianggap sangat sulit dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, banyak para ulama membuat metode-metode yang mudah untuk dipelajari oleh peserta didik yang tanpa memerlukan waktu yang terlalu lama dalam mempelajarinya dan memahami kitab kuning tanpa harakat, yaitu Metode Ibtidai. Metode Ibtidai adalah metode yang yang mengajarkan kepada anak didik agar menguasai pembacaan kitab kuning, beserta cara menulis kalimat arab pegon untuk memahami kitab kuning tanpa harus memakan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus bagaimana pelaksanaan Methode Ibtidai yang digunakan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al Huda. Adapun untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskrptif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengasuh, pengurus pondok, ustaz pengajar metode ibtidai dan santri di Pondok Pesantren Al Huda Doglo Candiagatak Cepogo Boyolali. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1. Tujuannya yaitu agar santri dapat membaca, memaknai dan memahami kitab kuning yang berbahasa Arab tanpa harakat, 2. Peserta didiknya adalah semua santri yang mukim di pondok pesantren Al Huda yang masih belajar di Madrasah Diniyah, 3. Bahan Ajar meliputi Tuntunan Baca Tulis Pegon, Kitab Tijan ad Darori, Kitab Safinatun Najah, 4. Langkah-langkah pembelajaran a. Diawali dengan Nadhoman kode-kode Nahwu dan maknanya, b. Membaca teks kitab kuning yang berharakat dan bermakna, c. Tanya Jawab tentang materi Nahwu, d. Santri Sorogan kitab kuning yang tidak berharakat dan tidak bermakna. Dalam proses pembelajaran, ada beberapa variasi metode yaitu: hafalan, sorogan dan pengulangan 5. Sistem evaluasi dengan cara tes kemampuan membaca, menulis untuk pegon dan tes lisan untuk Kitab Tijan ad Darori, Kitab Safinatun Najah dengan cara tanya jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:38
Last Modified: 03 Jan 2018 02:38
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item