UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAPEL PAI MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 DENGGUNGAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Umy, Aris Nur Hidayah and Dr., Imam Makruf, M.Pd (2017) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAPEL PAI MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 DENGGUNGAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Full skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Umy Aris Nur Hidayah.133111247.Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mapel PAI Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Denggungan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Surakarta. 2017. Pembimbing: Dr. Imam Makruf, S.Ag.M.Pd. Kata Kunci : Guru PAI, Keaktifan Belajar, Strategi Active Knowledge Sharing Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa proses belajar yang berlangsung saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa belum berperan aktif. Selama berlangsungnya kegiatan, guru sudah mengajak siswa untuk bertanya jawab, untuk memancing siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Kepasifan siswa semakin terlihat saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya dan mengemukakan pendapat yang merespon sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam melalui strategi Active Knowledge Sharing pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Denggungan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas bertempat di SD Negeri 2 Denggungan Kec. Banyudono Kab. Boyolali dari bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Juni 2017. Subyek sebagai pelaku tindakan adalah guru PAI dan subyek sebagai penerima tindakan adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi . Teknik validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan model interaktif yaitu dari pengumpulan data mentah, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing tingkat keaktifan siswa meningkat dan nilai ketuntasan siswa juga meningkat memenuhi KKM. Tingkat keaktifan siswa sebelum diberi tindakan (pra siklus) 22% nilai rata- ratanya 55,67 berada katagori rendah. Setelah diberi tindakan pada siklus I tingkat keaktifan siswa 44% nilai rata-rata 65,56 sudah meningkat dari sebelumnya. Selanjutnya pada siklus II tingkat keaktifannya adalah 67 % nilai rata-rata 70,56 dapat dikatagorikan sudah mencapai indikator kinerja.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:38
Last Modified: 03 Jan 2018 02:38
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item