ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII

TRIYANI, TRIYANI and Hery, Setiyatna, M. Pd (2017) ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

TRIYANI April 2017, Analisis Butir Soal Latihan Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs N Pedan, Pedan, Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: 1 Heri Setiyatna, M, Pd. 2 Syamsul Huda Rohmadi, M, Pd. Kata kunci: Butir Soal Latihan Instrumen latihan saat ini masih menjadi instrumen adalah dalam mengumpulkan data hasil belajar siswa. MTs N Pedan,Klaten juga menggunakan latihan sebagai instrumen untuk mengetahui hasil belajar para siswanya.Instrumen latihan tersebut dibuat sendiri oleh peneliti di sekolahan tersebut, termasuk instrumen latihan Fiqih Kelas VIII. Akan tetapi, oleh peneliti yang membuat soal tersebut tidak melakukan uji coba terhadap instrumen latihan yang dia buat dan tidak melakukan analisis butir soal, sehingga tingkat kesulitannya tidak diketahui. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas butir soal latihan mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs N Pedan, Klaten tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi tes hasil belajar mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan teori klasik. Dalam penelitian ini dilakukan analisis butir soal latihan mata pelajaran Fiqih yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas dan reliabilitas soal. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2017. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Pedan, Klaten yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 67 siswa dengan menggunakan aturan slavin. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program Anates versi 4 . 0 dalam Miscrosoft Excel 2007. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada 21 butir soal dari semua butir soal yang merupakan butir soal yang baik yaitu 18 butir soal pilihan ganda 1, 2, 4, 7, 8, 11, 12, 13, 16, 21, 24, 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37 dan 3 butir soal uraian nomor 1,2,5 sisanya sebanyak 25 butir soal merupakan butir soal yang jelek 2) Ada yang baik dan ada pengecoh yang tidak baik. 3) Ada soal merupakan soal yang valid dan ada soal merupakan soal yang tidak valid. 4) Instrumen latihan belajar tersebut adalah instrumen latihan belajar yang reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,284.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item