STUDI KOMPARATIF TANGGUNG JAWAB BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Ana, Isnain Muzazanah and Hardi, S.Pd., M.Pd. (2017) STUDI KOMPARATIF TANGGUNG JAWAB BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ana Isnain Muzazanah, 2017. Studi Komparatif Tanggung Jawab Belajar antara Siswa yang Diajar menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi dengan Siswa yang Diajar menggunakan Metode Pembelajaran Pemberian Tugas Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Hardi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Tanggung Jawab Belajar, Metode Pembelajaran Diskusi, Metode Pembelajaran Pemberian Tugas. Tingkat tanggung jawab belajar sebagian siswa pada mata pelajaran PAI yang masih rendah sehingga mengakibatkan prestasi belajar menurun. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tanggung jawab belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran diskusi, 2) untuk mengetahui tanggung jawab belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas, dan 3) untuk mengetahui adakah perbedaan tanggung jawab belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran diskusi dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparatif yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juli 2017 di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Populasi adalah 128 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling, diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen penelitian berupa angket tanggung jawab belajar siswa. Hasil uji validitas dengan butir 40, terdapat 28 butir valid. Hasil reliabilitas

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item