MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MTs NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Siti, Nur Rohmah and Dr., Fetty Ernawati, S.Psi, M.Pd (2017) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MTs NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Nur Rohmah. NIM 133111049. Manajemen Kesiswaan dalam Pembinaan Kesadaran Beribadah di MTs Negeri Mlinjon Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Oktober 2017 Dosen Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd. Kata kunci : Manajemen Kesiswaan, Pembinaan Kesadaran Beribadah Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Pembinaan Kesadaran Beribadah merupakan salah satu ruang lingup manajemen kesiswaan. Alur aktivitas manajemen kesiswaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor-faktor yang menghambat, salah satunya adalah faktor lingkungan keluarga siswa yang kurang dalam pengamalan beribadah. Faktor tersebut menjadikan siswa tidak serta merta melaksanakan ibadah di sekolah secara sadar, namun ada keterpaksaan. Dampaknya membuat siswa hanya melaksanakan ibadah di lingkungan sekolah sekedar melepas kewajiban sekolah, namun tidak dilaksanakan di luar sekolah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat serta serta upaya dalam menangani hambatan manajemen kesiswaan dalam pembinaan kesadaran beribaah di MTs negeri Mlinjon Klaten tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri Mlinjon Klaten, pada bulan Januari 2017 sampai Juli 2017. Subjek Penelitian adalah wakamad kesiswaan dan sei ibadah di MTs Negeri Mlinjon Klaten. Informan dalam penelitian ini adalah wakamad kurikulum, guru BK, guru mata pelajaran fiqh dan siswa MTs Negeri Mlinjon Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber, selanjutnya dianalisis dengan Model Interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahw pembinaan beribadah khusus shalat dhuha bertujan untuk menanamkan cinta akan shalat sunnah dan meningkatkan kecerdasan. Fungsi manajemen pembinaan kesadaran beribadah yaitu perencaan dengan membuat program kerja. Kemudian pelaksanaan yaitu menjalin kerjasama dengan seluruh guru dan warga sekolah dalam melaksanakan pembinaan kesadaran beribadah. Dan pengawasan yaitu dengan memberikan siswa jurnal belajar dan ibadah serta pengawasan secara langsung seperti pengaturan shaf shalat dhuha dan mengawasi wudhu siswa. Faktor pendukung dalam pelaksanaannya yaitu fasilitas sekolah seperti mushola yang digunakan untuk beribadah, dan lingkungan madrasah yang sangat mendukung dalam pelaksanaan ibadah khususnya shalat dhuha. Faktor penghambat yaitu lingkungan keluarga siswa yang kurang dalam pengamalan beribadah. Untuk mengatasi hambatan tersebut dijalin kerjasama dengan wali murid dengan menghadirkannya ke pertemuan wali murid serta jurnal belajar dan ibadah digunakan secara maksimal agar pengawasan ketika siswa di rumah bisa berjalan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item