IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA AL-FIRDAUS PABELAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lia, Khikmatul Maula and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA AL-FIRDAUS PABELAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lia Khikmatul Maula. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI Melalui Program Adiwiyata di SMA Al-Firdaus Pabelan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. H. Suparmin, M.Pd Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Pembelajaran PAI, Program Adiwiyata Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Perlunya pembelajaran di sekolah yang mengedepankan pembelajaran berbasis hard skill (keterampilan teknis) dan soft skill (interaksi sosial) yang membantu dalam karakter peserta didik, (2) Masih perlunya pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah yang dapat membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondisi belajar mengajar yang lebih kondusif, dan (3) Adanya program Adiwiyata di SMA Al- Firdaus untuk memberikan pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI Melalui Program Adiwiyata di SMA Al-Firdaus Pabelan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SMA Al-Firdaus Pabelan Sukoharjo pada bulan April-Agustus 2017. Subjek penelitian adalah Guru Agama kelas XI di SMA Al-Firdaus Pabelan Sukoharjo. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya mengguankan model analisis data interaktif, tahap yang tempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada tiga tahapan dalam pembelajran PAI melalui Adiwiyata di SMA Al-Firdaus yaitu Tahap Pra Instruksional merupakan tahap sebelum pelaksanaan pembelajaran di mulai, guru pendidikan agama Islam selalu membiasakan peserta didik untuk merapikan tempat duduk dan membuang sampah yang ada disekitanya. merapikan tempat duduk dan membuang sampah pada tempatnya merupakan pengamalan dari Adiwiyata. Tahap Instruksional merupakan tahap penyampaian materi PAI dengan mengintegrasikan Adiwiyata yang terkait dengan pendidikan lingkungan hidup di dalamnya, misalnya pada materi menjaga kelestarian lingkungan. Dalam praktek Adiwiyata itu sendiri guru PAI mengajak peserta didik untuk belajar di luar kelas, seperti menanam dan merawat tanaman, membuang sampah berdasarkan kategori tempatnya, membersihkan tempat ibadah, dan mendaur ulang sampah an organik. Tahap evaluasi dan tindak lanjut yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu dengan tes tertulis dan praktek. Sedangkan untuk evaluasi dari pengintegrasian PAI dengan adiwiyata guru pendidikan agama Islam menggunakan penilaian sikap yang dilihat dari kebiasaan peserta didik dalam kesehariannya di kelas, seperti berpakaian bersih dan rapi, melaksanakan piket harian, dan membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item