GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NURUL IKHSAN BANJAREJO KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017 - COVER VERSION

Khamid, Baedhowi and Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd (2017) GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NURUL IKHSAN BANJAREJO KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017 - COVER VERSION. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khamid Baedhowi,(123111215). Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017. Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Kognitif Peserta Didik. Masalah dalam penelitian ini adalah guru cenderung tidak memperhatikan gaya kognitif siswa dalam pembelajaran, selain itu ada beberapa metode dan media pembelajaran yang tidak mengakomodasi gaya kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik di kelas VIII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016-2017 pada bulan Juli 2016 sampai Desember 2016. Teknik sampling yang digunakan yakni, Sampling Jenuh dimana keseluruhan Populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 75 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan angket. Melalui uji coba instrumen diperoleh 46 butir yang valid dari 60 item yang di uji cobakan. Uji reliabilitas diperoleh variabel Gaya Kognitif dinyatakan reliabel. Data yang terkumpul selanjutnya diuji dengan rumus Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ikhsan Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017 memiliki gaya kognitif field dependent sebanyak 47 siswa (62,67%) dan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent sebanyak 28 siswa (37,33%).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item