MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SDIT MUTIARA INSAN SUKOHARJO TAHUN 2016/2017

Hanifah, Uswatun Khasanah and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SDIT MUTIARA INSAN SUKOHARJO TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

xi ABSTRAK Hanifah Uswatun Khasanah, 2017, Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. H. Suparmin, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen ,Penerimaan Peserta Didik Baru. Manajemen penerimaan peserta didik baru merupakan tindakan awal sebagai salah satu bagian terpenting dalam pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo mengadakan tes seleksi penerimaan peserta didik yaitu tes interview, tes psikologi, tes menghitung, tes membaca dan tes membaca al Qur’an (huruf hijaiyah) dengan menggunakan metode UMMI dan tidak menggunakan tes tertulis 2. Sudah teroptimalisasi dalam pendekatan penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan pendekatan formal, Pendekatan social, Pendekatan rasional-profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen penerimaan peserta didik baru yang difokuskan pada perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo, waktu penelitian dimulai dari bulan Februari 2017 sampai bulan Juni 2017. Subyek penelitian ini adalah ketua penitia penerimaan peserta didik baru sedangkan Informannya adalah kepala sekolah sebagai penanggungjawab, guru dan orang tua calon peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Dalam penerimaan peserta didik baru di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: a. Perencanaan. Perencanaan ini di lakukan sebelum kegiatan PPDB. Dalam perencanaan kegiatan memuat tentang: 1) penetapan daya tampung, 2) penetapan syarat-syarat pendaftaran. 3) persiapan media, 4) persiapan administrasi serta sarana dan prasarana yang diperlukan. b. Pelaksanaan. Dalam pelaksanaannya meliputi kegiatan: 1) pembentukan panitia pelaksanaan. 2) rapat penentuan peserta didik baru, 3) pembuatan atau pemasangan atau pengiriman pengumuman berupa brosur, spanduk, pamflet, 4) pendaftaran calon peserta didik baru yang terdiri dari dua gelombang dengan mengisi formulir yang telah di sediakan., 5) tes seleksi peserta didik baru yang berupa tes interview, tes psikologi, tes menghitung, tes membaca Abjad dan tes membaca al Qur’an (huruf hijaiyah) dengan menggunakan metode UMMI dan tidak menggunakan tes tertulis, 6) penentuan peserta didik yang diterima, 7) pengumuman diterima atau tidak dan pendaftar ulang peserta didik yang diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item