NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM NOVEL RUDY “KISAH MASA MUDA SANG VISIONER” KARYA GINA S NOER

INTAN, SARI and Drs., Abdullah Faishol, M. Hum (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM NOVEL RUDY “KISAH MASA MUDA SANG VISIONER” KARYA GINA S NOER. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Intan Sari, (133.111.115), Juni 2017, Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami dalam Novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner” Karya Gina S Noer, Skripsi : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Abdullah Faishol, M.Hum Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Karakter Islami, Novel Rudy Latar belakang penulisan skripsi ini didasari dari masalah tentang kurang pahamnya di kalangan para pendidik, khususnya dalam lingkup informal tentang makna dan cara penanaman nilai-nilai karakter. Salah satu penyebab ketidakpahaman para pendidik akan hal tersebut adalah kurang kritisnya para pendidik dalam memanfaatkan sumber-sumber belajar. Apabila hal demikian dibiarkan, maka akan berdampak pada generasi penerus yang rusak, tidak berkarakter bahkan tidak mengenal nilai-nilai karakter yang harus mereka miliki. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan suatu sumber belajar yang dapat memberikan pemahaman mengenai penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu melalui sebuah karya sastra novel. Di mana dalam novel ini juga sangat banyak nilai-nilai pendidikan karakter yang juga berkaitan erat dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter Islami apa saja yang terdapat dalam novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner” Karya Gina S Noer yang merupakan sebuah karya sastra yang dapat dijadikan sebagai media maupun sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan mengambil obyek penelitian yaitu novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner” Karya Gina S Noer. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter Islami yang terkandung dalam novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner”. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat nilai pendidikan karakter Islami dalam novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner” Karya Gina S Noer, antara lain : 1) nilai pendidikan karakter terhadap Allah Swt, yang meliputi mentauhidkan Allah Swt., cinta kepada Allah Swt., berdoa, sabar, tawakkal, shalat, dan syukur ; 2) nilai pendidikan karakter terhadap diri sendiri yang terdiri dari jujur, mandiri, teguh pendirian, kontrol diri, cerdas, disiplin, tanggung jawab, kreatif, gemar membaca, percaya diri, kerja keras, rasa ingin tahu, visioner, berpikir positif, menepati janji, dan sederhana ; 3) nilai pendidikan karakter terhadap sesama masyarakat yang meliputi bersahabat/komunikatif, peduli sosial, kerja sama, menjenguk orang sakit, toleransi, kasih sayang, hormat dan santun; dan 4) nilai pendidikan karakter terhadap lingkungan yang terdiri dari mengajar ilmu agama kepada anak dan cinta tanah air. ABSTRACT Intan Sari, (133.111.115), June 2017, Islamic Character Education Values in Novel Rudy "The Story of the Younger Visionary" by Gina S Noer, Thesis: Department of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Supervisor: Drs. Abdullah Faishol, M.Hum Keywords: Value, Islamic Character Education, Novel Rudy The background of the writing of this thesis is based on the values of the characters among the less understood the educators, especially in the informal scope of the meaning and the way of planting the values of the characters. One reason for the lack of understanding of educators is that it is less critical for educators to utilize learning resources. If such things are left unchecked, it will have an impact on the damaged future generations, not characterless or even familiar with the values of characters they must possess. Therefore, this study was conducted to introduce a learning resource that can provide an understanding of the cultivation of character education values, namely through a novel literary work. Where in the novel is also very much the values of character education that is also closely related to the goals of national education. This study aims to determine the values of any Islamic character education contained in the novel Rudy "The Story of Youth Performance of the Visionary" Gina S Noer's work is a literary work that can be used as media and learning resources. This research is a library research by taking the object of research is the novel Rudy "The Story of the Younger Visionary" Gina S Noer's Work. This study focused on issues related to the Islamic character education value contained in the novel Rudy "The Story of the Younger Visionary" by Gina S Noer". Data collection is done by documentation. Data analysis techniques using content analysis techniques. The result of the research shows that there are four values of Islamic character education in Rudy's novel "The Story of the Younger Visionary" by Gina S Noer, among others: 1) the value of character education to Allah SWT, which includes Mutilizing Allah SWT, love Allah SWT, Patience, tawakkal, prayer, and gratitude; 2) the value of character education to self that consists of honest, independent, firm stance, self-control, intelligence, discipline, responsibility, creative, reading, confident, hard work, curiosity, visionary, positive thinking, , And simple; 3) the value of character education to fellow citizens that include friendly / communicative, social care, cooperation, visiting the sick, tolerance, compassion, respect and courtesy; And 4) the value of character education to the environment consisting of teaching the religion to the children and love the homeland.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
800 Sastra > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:35
Last Modified: 03 Jan 2018 02:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item