MANAJEMEN KEUANGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Dyah, Eka Pramesti and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) MANAJEMEN KEUANGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dyah Eka Pramesti, (133111063), Manajemen Keuangan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. H. Suparmin, M.Pd Kata Kunci : Manajemen Keuangan, Madrasah Dalam penyusunan anggaran sekolah pemerintah pusat telah membuat kebijakan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L). Di dalam rencana kerja tersebut dialokasikan anggaran yang diperlukan dan diuraikan biaya untuk masing-masing program dan kegiatan untuk tahun anggaran yang direncanakan yang dirinci menurut jenis belanja, prakiraan maju untuk tahun berikutya. Tetapi, tidak semua usulan dalam RKA-K/L disetujui oleh pemerintah, sehingga harus mempertimbangkan skala prioritas kebutuhan yang mendesak dari sekolah. Penggunaan anggaran harus seefisien mungkin dan hindari terjadinya kecurigaan penaikan harga, pembelian atau pengadaan barang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Surakarta pada bulan November 2016-Juni 2017. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah dan informannya adalah bendahara dan wakil-wakil setiap bidang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen keuangan di MIN Surakarta dilaksanakan dengan baik. 1) Perencanaan keuangan di MIN Surakarta tertuang dalam rapat kerja, dilakukan oleh seluruh guru, karyawan dan komite madrasah. Proses penyusunan anggaran melibatkan pejabat perbendaharaan dan wakil bidang madrasah mengahasilkan DIPA yang tertuang dalam bentuk RKA-K/L dan POK. 2) Pelaksanaan manajemen keuangan di MIN Surakarta terbagi atas penerimaan dan pengeluaran. Penerimaan keuangan dilakukan dengan proses pengajuan kepada KPPN dan KPPN melakukan pencairan dana sesuai dengan penanggung jawab kegiatan. Anggaran yang diperoleh madrasah dialokasikan untuk peningkatan kualitas pendidikan agar tercapainya keberhasilan pendidikan di MIN Surakarta dalam bentuk kegiatan yang menunjang proses pendidikan. ABSTRACT Dyah Eka Pramesti, (133111063), Financial Management at State Islamic Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Surakarta in Academic Year 2016/2017, Thesis: Islamic Religious Studies Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Supervisor: Drs.H.Suparmin,M.Pd Keywords: Financial Management, Madrasah In arranging the school budget, the government has made a policy through Government Regulation Number 21 of 2004 on the Preparation of Work Plan and Budget of State Ministries / Institutions (RKA-K / L). In the intended work plan was allocated budget and cost for each program and activity for the budget specified by type of expenditure, the forecast for the next year. However, not all chatter in RKA-K / L is approved by the government, so it should consider the scale in need of the school. The use of budgets should be as efficient as possible and affordable prices, purchases or procurement. The purpose of this research is to know a plan and implementation of Work Plan Budget of Ministry / Institution (RKA-K / L) in State Islamic Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Surakarta. This research used qualitative research method with descriptive approach which was done at State Islamic Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Surakarta in November-June 2017. The subject of this research is headmaster of madrasah and his informant is treasurer and administration. Technique of collected data in this research used interview and documentation.. To know the validity of the data, this research used source triangulation. The collected data were analyzed using interactive model through data reduction step, data presentation and made conclusion. The results of this study indicated that financial management in MIN Surakarta was implemented well. 1) Financial planning in MIN Surakarta is written in a working meeting, conducted by all teachers, employees and madrasah committees. The process of arranging budget concern the treasury and the division of madrasah field resulted in the DIPA that written in the form of RKA-K / L and POK. 2) the implementation of financial management in MIN Surakarta is divided into revenue and expenditure. Receipts and payments with KPPN and KPPN shall disburse funds in accordance with the party responsible for activities. The budget produced by the madrasah is allocated for improving the quality of education in order to achieve the success of education in MIN Surakarta in the form of activities that support the educational process. Every thing used to carry out activities and purchase of goods should be done the amount of budget used and then carried out bookkeeping by the treasurer.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:32
Last Modified: 03 Jan 2018 02:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item