PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA JURUSAN PELAYARAN DI SMK NEGERI GIRITONTRO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arif, Nur Rohman and Drs., Suluri, M. Pd (2017) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA JURUSAN PELAYARAN DI SMK NEGERI GIRITONTRO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arif Nur Rohman (26.10.3.1.031)Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keberagamaan Siswa Jurusan Pelayaran di SMK Negeri Giritontro Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017 Pembimbing: Drs. Suluri M.Pd Kata kunci: Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Sikap Keberagamaan. Pendidikan Agama Islam memberikan arti yang sangat penting sebagai sarana pembentukan tingkah laku dikalangan pelajar, karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan agama. Banyak bekal pengetahuan dan kesiapan mental yang baik dan matang yang harus dimiliki pelajar dalam rangka melakukan tugasnya agar dapat memiliki dedikasi yang tinggi dan bertanggung jawab, sehingga apa yang dicita-citakan bangsa dan agama dapat terwujud, yaitu terwujudnya manusia yang sehat jasmani dan rohani dan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap keberagamaan siswa jurusan Pelayaran di SMK Negeri Giritontro Wonogiri pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari mulai bulanApril 2017 hinggaJuni 2017.Subyek penelitian ini adalah guru PAI di SMK Negeri Giritontro Wonogiri. Sedangkan yang menjadi informan adalah Kepala Sekolah, guru selain guru PAI, karyawan, dan siswa di SMK Negeri Giritontro Wonogiri.Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, metode, dan pengecekan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan alur model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di SMK Negeri Giritontro Wonogiri ini diantaranyaadalahKajian rutin hari sabtu, sholat dhuhur berjamah, infaq jumat pagi, dan baca tulis Al-Quran. Kajian hari sabtu dilakukan setelah pulang sekolah.Kegiatan tersebut berisi tentang penyampaian materi-materi keagamaan.Beberapa diantaranya tentang fiqih, akhlaq, keteladanan nabi, dan materi-materi lainnya yang berhubungan tentang penanaman pengetahuan agama Islam dan pembentukan sikap terhadap para siswa. Sholat dhuhur berjamaah dilakukan oleh seluruh siswa dan seluruh guru dan karyawan. Setelah memasuki waktu sholat dhuhur para siswa langsung menuju masjid untuk mengikuti kegiatan sholat dhuhur berjamaah. Para siswa melaksanakan kegiatan ini dengan penuh keseriusan dan tenang. Infaq jumat dilakukan dengan cara yakni setelah kegiatan apel pagi selesai guru atau siswayang betugas pada hari itu kemudian mendatangi tiap-tiap kelas untuk mengumpulkan infak dari seluruh siswa di sekolah. Baca tulis Al-quran diadakan setiap hari jumat setelah pulang sekolah dengan didampingi oleh guru pendidikan agama Islam.Inti dari kegiatan ini adalah mempelajari dan mengkaji ayat-ayat Allah dengan lebih baik lagi. ABSTRACT Arif Nur Rohman (26.10.3.1.031) Extracurricular Exercise of Islamic Religious Education in Shaping Students' Attitude Department of Pelayaran at SMK Negeri Giritontro Wonogiri Academic Year 2016 / 2017. Supervisor: Drs. Suluri M.Pd Keywords: Extracurricular Education of Islamic Religion, Religious Attitude Islamic education provides a very important meaning as a means of formation of behavior among students, because students are the next generation of nation and religion. Many provisions of knowledge and mental readiness is good and mature that must be owned by students in order to perform their duties in order to have a high dedication and responsible, so that what the nation and religion can achieve, namely the realization of a healthy human body and spiritual and responsible answer to God Almighty. This study aims to determine the Extracurricular Implementation of Islamic Religious Education in shaping the religious attitude of students of the Department of Pelayaran at SMK Negeri Giritontro Wonogiri in the academic year 2016 / 2017. This research uses descriptive qualitative research method. This research was conducted from April 2017 until June 2017. The subject of this research is PAI teacher at SMK Negeri Giritontro Wonogiri. While the informant is the principal, teachers other than teachers PAI, employees, and students at SMK Negeri Giritontro Wonogiri. Data were collected by interview method, observation and documentation. The validity of data is obtained through source triangulation, method, and data checking. The collected data is then analyzed by an interactive model flow consisting of data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the results of the study can be concluded that the extracurricular Islamic religious education held in SMK Negeri Giritontro Wonogiri this is a routine study on Saturday, prayer dhuhur touched, infaq Friday morning, and read write Al-Quran. The study on Saturday is done after school. The activity contains about the delivery of religious materials. Some of them are about fiqh, akhlaq, exemplary of the prophet, and other related materials about the cultivation of Islamic religious knowledge and the formation of attitudes towards the students. Prayers dhuhur congregation performed by all students in SMK Negeri Giritontro Wonogir and all teachers and employees. After entering prayer time dhuhur the students directly to the mosque to follow the prayer activities dhuhur congregation. The students carry out this activity with great seriousness and calm. Infaq Friday is done in the way that after the morning apple activity finished the teacher or siswayang betugas on that day then go to each class to collect infak from all students in school. Read the written Al-quran held every Friday after school home accompanied by teachers of Islamic education. The essence of this activity is to study and review the verses of God better.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:36
Last Modified: 27 Dec 2017 05:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item