PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM IPS PADA MAPEL FIQH KELAS XI DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aprilia, Hasanah and Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM IPS PADA MAPEL FIQH KELAS XI DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aprilia Hasanah (133.111.214) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program IPS Mapel Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Kata Kunci : Motivasi Belajar Fiqh Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Fiqh di MAN 1 Surakarta yaitu meliputi siswa yang malas belajar ketika pembelajaran Fiqh berlangsung, kurangnya respon siswa terhadap pelajaran Fiqh ketika sedang melakukan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan penggunaan metode pembelajaran untuk siswa kelas XI program IPS di MAN 1 Surakarta. 2) mendiskripsikan motivasi belajar siswa dalam menggunakan metode pembelajaran yang menggunakan alat bantu. 3) mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di MAN 1 Surakarta pada bulan April s/d Juni 2017. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI program IPS di MAN 1 Surakarta berjumlah 121 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket. Uji coba instrumen kenakalan remaja menghasilkan 38 butir valid dan 7 butir tidak valid. Uji homogenitas motivasi belajar Fiqh sebesar 0,890 dengan taraf kesalahan 5%. Karena uji homogenitas lebih dari 0,05 maka data tersebut dapat disimpulkan berasal dari populasi yang homogen.Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji anova 1 jalur dengan hasil nilai P = 0,0001 < 0,05, maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap motivasi belajar Fiqh siswa kelas XI program IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran ceramah tanpa menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Berdasarkan hasil uji Anava 1 jalur yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,0001 dan taraf kesalahan 5% maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran ceramah menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa. 3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran diskusi tanpa menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. 4) Berdasarkan hasil uji Anava 1 jalur yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,0001 dan taraf kesalahan 5% maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran diskusi menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:36
Last Modified: 27 Dec 2017 05:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item