PROGRAM LITERASI DALAM PENINGKATAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PLUPUH, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Anik, Beti Ratnawati and Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd (2017) PROGRAM LITERASI DALAM PENINGKATAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PLUPUH, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anik Beti Ratnawati (13.31.11.433). Program Literasi Dalam Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar PAI Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017. Pembimbing: Dr. Fetty Ernawati, S.Psi., M.Pd Kata Kunci: Program literasi, Mutu Proses Belajar Mengajar, Pendidikan Agama Islam Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat baca siswa terhadap buku mata pelajaran, kurangnya kemampuan membaca al-Qur’an siswa serta kurangnya budi pekerti siswa di lingkungan sekolah khususnya pada proses pembelajaran, sehingga perlu diadakan sebuah program yang dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas salah satunya yaitu melalui kegiatan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program literasi dalam peningkatan mutu proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November sampai dengan bulan Juni 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Guru Mata Pelajaran PAI, sedangkan informan adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, dan siswa. Pemeriksaan kebsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode, data dianalisis dengan model interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Bentuk pelaksanaan kegiatan literasi di SMP Negeri 2 Plupuh yaitu membaca buku umum pada hari senin secara mandiri dan membaca al-Qur’an pada hari selasa, rabu, kamis dan sabtu melalui panduan guru. Kegiatan membaca pada hari senin dilaksanakan pada pukul 07.00-07.40 WIB jika tidak dilaksanaka kegiatan upacara bendera dan pukul 07.40-08.20 WIB jika dilaksanakan kegiatan upacara bendera. Dalam kegiatan ini siswa membaca buku yang tersedia di masing-masing kelas secara mandiri kemudian merangkum hasil bacaana dan dikumpulkan kepada wali kelas. Sedangkan kegiatan literasi al-Qur’an dilaksanakan mulai pukul 07.00-07.15 WIB. Literasi al-Qur’an baru sebatas kegiatan membaca surat pendek dengan panduan guru melalui saluran pengeras suara kemudian siswa menirukan. Pelaksanaan kegiatan ini dititik beratkan kepada kemampuan membaca buku bacaan, kemampuan membaca al-Qur’an dan membentuk akhlak mulia, serta membentuk budaya membaca pada siswa. Dengan adanya kegiatan literasi ini, dapat meningkatkan mutu proses belajar-mengajar di kelas. Khusus mata pelajaran PAI di kelas VII A, kegiatan literasi dapat meningkatkan mutu proses belajar megajar di kelas, yaitu terbukti dengan semakin aktifnya siswa di kelas, siswa mudah memahami materi dan mendapatkan nilai rata-rata yang maksimal. ABSTRACT AnikBetiRatnawati (13.31.11.433). Literacy Program In Improving the Quality of Teaching and Learning Process of PAI Students of Class VII A SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen Lesson Year 2016/2017. Thesis: Department of Islamic Religious Education. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Surakarta, 2017. Advisor: Dr. FettyErnawati, S.Psi.,M.Pd Keywords: Literacy Program, Quality of Teaching and Learning Process, Islamic Religious Education The problem in this research is the lack of reading interest of students to the subject book, the lack of reading ability of the Qur'an students and the lack of good character of students in the school environment especially in the learning process, so it is necessary to hold a program that can improve the quality of teaching and learning process in class One of them is through literacy activities. This study aims to find out how the implementation of literacy program in improving the quality of teaching and learning process of Islamic Religious Education students of class VII A SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen. The research method used is descriptive qualitative. The place of research was conducted in SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen. This research was conducted from November until May 2017. Data collection techniques used were observation, interview, and documentation. Subjects were PAI Subject Teachers, while informants were principals, students, and students. Examination of data validity with source triangulation technique and method triangulation, data analyzed with interactive model, including: data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed: The form of implementation of literacy activities in SMP Negeri 2 Plupuh is to read public books on Monday independently and read the Qur'an on Tuesday, Wednesday, Thursday and Saturday through teacher guidance. Reading on Monday is held at 07.00-07.40 WIB if not performed by the flag ceremony and 07.40-08.20 WIB if the flag ceremony is held. In this activity the students read the books available in each class independently then summarize the results of the reading and collected to the homeroom. While the activity of literacy of al-Qur'an executed starting at 07.00-07.15 WIB. The Literacy of the Qur'an is only limited to reading short letters with teacher guides through loudspeaker channels and then imitating students. The implementation of this activity is emphasized on the ability to read reading books, the ability to read the Qur'an and form noble character, and to form a culture of reading on students. With this literacy activity, can improve the quality of teaching and learning process in the classroom. Special subjects of PAI in class VII A, literacy activities can improve the quality of learning process in the classroom, which is proven by the more active students in the classroom, students easily understand the material and get a maximum average value.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:36
Last Modified: 27 Dec 2017 05:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item