PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN EFEKTIFITAS SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAI SD NEGERI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

ARIANA, LIES (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN EFEKTIFITAS SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAI SD NEGERI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2014TS0038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta 2) efektifitas supervisi kunjungan kelas kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta 3) kecerdasan emosional guru dan efektifitas supervisi kunjungan kelas kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari sampai Juni 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan jenis validitas item dengan rumus product moment. Uji reliabilitas menggunakan jenis konsistensi internal dengan tehnik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda dengan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas diakhiri uji keberartian regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kecerdasan emosional guru berpengaruh terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Nilai t_hitung(3,086)>t_tabel(1,055) pada taraf signifikan 0,05. Besarnya sumbangan relative (SR%) sebesar 39,06 % dan besarnya sumbangan efektif (SE%) sebesar 16,64 % 2) efektifitas supervisi kunjungan kelas kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Nilai t_hitung (4,056)>t_tabel (1,055) pada traf signifikan 0,05. Besarnya sumbangan relative (SR%) sebesar 60,94 % dan besarnya sumbangan efektif (SE%) sebesar 25,06 % 3) Kecerdasan emosional guru dan efektifitas supervisi kunjungan kelas kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. NilaiF_hitung (16,696)>t_tabel (3,20) pada taraf signifikan 0,05. Besarnya sumbangan pengaruh sebesar 40,0%, sedangkan sisanya 60,0% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif kecerdasan emosional guru (X1) dan efektifitas supervisi kunjungan kelas kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Persamaan regresi ganda diperoleh Y = 29,923 + 0,369 X_1+ 0,499 X_2. Jika variabel kecerdasan emosional dan efektifitas supervisi kunjungan kelas tidak berpengaruh, maka nilai kinerja guru (Y) adalah 29,923. Jika skor kecerdasan emosional bertambah satu poin akan diikuti kenaikan kinerja guru (Y) sebesar 0,369. Dan jika skor efektifitas supervisi kunjungan kelas bertambah satu poin akan diikuti kenaikan kinerja guru (Y) sebesar 0,499. . Kata kunci: kecerdasan emosional, supervisi kunjungan kelas, kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 04 Mar 2016 03:41
Last Modified: 04 Mar 2016 03:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item