MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MAPK MAN 1 SURAKARTA

MAESUN, NURUL (2014) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MAPK MAN 1 SURAKARTA. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2014TS0037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen sarana dan prasarana di MANPK 1 Surakarta yang meliputi perencanaan, pengadaan, inventaris, penyimpanan, pemeliharaan, penggunaan dan penghapusan, 2) mengapa MAN-PK 1 Surakarta mampu memiliki mutu akademik yang bagus; padahal sarana prasarana yang tidak memadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN-PK 1 Surakarta pada tahun 2014. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana dan kepala tata usaha. Sedangkan informan penelitian ini adalah guru, wali siswa dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi (metode dan sumber). Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen sarana dan prasarana di MAN-PK 1 Surakarta meliputi a) perencanaan yang diawali dengan pendataan sarana prasarana yang diseimbangkan dengan dana dari DIPA Pemerintah dan dana komite, b) pengadaan yang dilakukan oleh wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana setelah pencairan dana dengan mensurvei harga dan kualitas barang, c) inventaris belum berjalan baik karena tidak terdapat laporan data inventaris barang milik madrasah, d) penyimpanan belum dilakukan dengan baik karena madrasah tidak mempunyai gudang penyimpanan, e) pemeliharaan yang dilakukan oleh pihak yang ahli baik dari dalam maupun luar madrasah, f) penggunaan belum diatur dengan maksimal karena tidak ada pengajuan jadwal penggunaan, g) penghapusan barang milik negara belum pernah dilakukan karena prosedur yang rumit dan susah. 2) Mengapa MAN-PK 1 Surakarta mampu memiliki mutu akademik yang bagus; padahal sarana prasarana yang tidak memadai dikarenakan adanya a) guru yang memiliki usaha maksimal dan inovasi dalam pembelajaran, keahlian dalam bidangnya, pembinaan dan pendampingan serta pemberian motivasi kepada siswa, b) wali siswa yang memantau dan memperhatikan terhadap belajar dan aktivitas anak, c) siswa yang senantiasa kreatif dan berusaha maksimal dalam belajar dan berprestasi, input yang bagus, potensi akademik dan non akademik yang beragam, serta memanfaatkan waktu luang dengan baik. Kata kunci: manajemen, sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 04 Mar 2016 03:33
Last Modified: 04 Mar 2016 03:33
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item